Tips Membeli Truk Bekas untuk Jasa Pindahan Surabaya

Tips membeli truk bekas kali ini wajib Anda simak apabila memiliki rencana untuk membelinya guna dijadikan alat transportasi jasa pindahan surabaya. Pasalnya, ada banyak poin yang harus diperhatikan seperti melakukan pengecekan terhadap kondisi mesin agar tidak merugi ketika memutihkan untuk membayarnya.

Beberapa Tips Membeli Truk Bekas Agar Tidak Rugi

Tips Membeli Truk Bekas untuk Jasa Pindahan Surabaya

Membeli kendaraan second seperti truk terkadang bisa menjadi salah satu jalan alternatif bagi sebagian orang disebabkan banyak hal. Pasalnya, kondisi bekas tak selamanya buruk apabila Anda memahami bagaimana memilih serta melakukan pemeriksaan beberapa point. Berikut tipsnya.

  • Cek Kondisi Sasis

Sebelum masuk ke pengecekan terhadap mesin, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek kondisi sasis. Pasalnya, pada bagian ini sangat penting demi keamanan penggunaan truk. Oleh sebab itu, pastikan tidak ada yang bengkok dan masih lurus kokoh serta tak terdapat sambungan.

Hal tersebut dikarenakan, apabila terdapat kerontokan pada sasis, seperti bengkok, keropos termakan waktu patah hingga adanya sambungan maka akan memengaruhi pengoperasian truk nantinya. Biasanya masalah ini terjadi pada truk yang sering digunakan untuk mengangkut beban over load.

  • Cek Kondisi Mesin

Melakukan terhadap kondisi mesin sudah pasti sangat penting dan tak boleh Anda lewatkan ketika membeli truk bekas. Pastikan bahwa tidak ada rembesan oli serta suara diesel masih dalam keadaan bagus. Kedua hal tersebut merupakan salah satu cara paling simpel untuk mengecek kondisi truk.

Jika Anda kurang mengerti perihal mesin, ada baiknya untuk mengajak teman ataupun kerabat lainnya yang memahaminya. Dengan begitu, pemeriksaan terhadap mesin akan dilakukan secara detail bahkan jika terjadi sesuatu kemungkinan harga jual menjadi turun sangatlah besar karena kondisi.

  • Cek Sistem Radiator

Tips membeli truk bekas berikutnya yaitu melakukan pemeriksaan terhadap sistem radiator guna memastikan apakah adanya kebocoran atau tidak. Pasalnya, pada bagian merupakan area paling sensitif dan rentan rusak, maka lakukan pengecekan secara detail jangan sampai ada yang dilewatkan.

Jika mobil truk bekas tersebut sudah cukup berumur dan pemilik tidak melakukan perawatan dengan baik, maka kemungkinan besar akan terjadi overheat atau mesin terlalu panas. Idealnya, suhu normal berada di tengah-tengah antara C (tak terlalu dingin) dengan H (tidak terlalu panas) pada mesin.

  • Cek Kondisi Body Menyeluruh

Pada dasarnya, bagian ini tidak terlalu krusial untuk diperhitungkan, namun sebisa mungkin diusahakan agar ikut dilakukan pemeriksaan juga. Kondisi body memang tak memengaruhi mesin terlebih jika truk tersebut sudah cukup lama dioperasikan pasti ada levet bahkan penyok terutama di bak.

Namun, jika kondisi body sudah terlalu parah tingkat lecet dan penyoknya, ada baiknya untuk Anda bertanya langsung kepada penjual alasan dibalik baret tersebut. Apabila dikarenakan kecelakaan, maka kemungkinan besar akan memengaruhi kondisi mesin truk dan sebaiknya pertimbangkan lagi.

  • Kelengkapan Surat

Tips berikutnya yang harus Anda perhatikan ketika membeli mobil truk bekas adalah kelengkapan surat menyuratnya. Hal ini dilakukan demi keamanan serta kenyamanan ketika mini dioperasikan. Mintalah semua dokumen yang berkaitan dengan truk tersebut.

Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta mengetahui status truk tersebut aman atau tidak. Jangan membeli armada jika tak memiliki kelengkapan surat-suratnya bahkan tidak ada kejelasan dari pemiliknya.

Itulah tadi pembahasan mengenai tips membeli truk bekas. Pastikan jangan ada satu pun langkah yang Anda lewatkan. Pasalnya, hal ini memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kondisi kendaraan. Selain itu, memahami beberapa langkah tadi bertujuan untuk menghindari risiko seperti kerugian ketika membeli truk, atau bila belum menemukan bisa sewa truk surabaya saja.