Tips Sewa Truk dan Jenis Kriteria Truk yang Wajib Anda Pahami

SEWA TRUK PINDAHAN LUAR KOTA BERGARANSI HARGA KOMPETITIF DAN PROFESIONAL

Pilar Utama Transport telah melayani ribuan costumer, baik perseorangan maupun korporasi. Pelanggan merasa puas dan memutuskan untuk berlangganan jasa. Kenapa? Karena bagi kami, semua costumer layak mendapatkan pelayanan terbaik. Armada dan tim kami siap melayani dengan hati dan memberikan kepuasan costumer.

(Anda akan terhubung dengan Bella (costumer service 1) di nomor 08112889600

Benefit yang Anda dapatkan :

  • Armada bersih dan terawat
  • Driver handal dan komunikatif
  • 24 jam informasi pengiriman
  • Checker service
  • OTD (On Time Delivery)
  • Pelayanan yang ramah
  • Harga kompetitif.

Jenis dan Kriteria Sewa Truk yang Bagus – Perusahaan jasa sewa truk memang sudah banyak digunakan oleh berbagai jenis kebutuhan. Tipenya pun beragam sehingga memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Mulai dari untuk mengangkut pindahan rumah atau bahkan kendaraan berat lain. Lantas bagaimana tips saat memilihnya?

Jenis Kriteria dan Tips Sewa Truk yang Bagus dan Wajib Anda Pahami
image : stock.adobe.com

Apa Itu Sewa Truk?

Sewa truk merupakan salah satu jasa yang sampai saat ini bisa dijadikan sebagai alternatif bagi banyak kebutuhan. Umumnya digunakan untuk mengangkut pengiriman barang dari produsen ke konsumen, ekspedisi ke pusat pengangkutan atau bahkan pindahan rumah lama ke tempat tinggal baru

Ada banyak alasan mengapa banyak orang memilih untuk menggunakan jasa sewa truk daripada harus membelinya sendiri. Salah satunya yakni dikarenakan kurangnya tempat parkir bagi beberapa perusahaan lantaran besarnya dari kendaraan berat tersebut.

Ada banyak jenis truk yang dapat disewa. Hal ini memudahkan untuk pengguna dalam menyesuaikan dengan kebutuhan mereka. Misalnya pengangkutan kendaraan berat tentu akan berbeda penggunaannya apabila digunakan mengangkut pasir.

Jenis-jenis Truk di Persewaan

Armada Pilar Utama Transport

Truk umumnya digunakan untuk pengangkutan dan pengiriman barang dalam ukuran dan jumlah yang besar. Banyaknya perbedaan jenis kendaraan berat ini justru membuat kebanyakan dari pelanggan merasa bingung saat memilihnya. Mereka harus benar mengetahui apa sebenarnya kebutuhannya.

1. Sewa Truk Colt Diesel Engkel

Truk ini memiliki ukuran yang cukup kecil seperti mobil biasa sehingga mampu masuk ke gang-gang. Beban maksimalnya hanya mampu menampung berat sekitar 2 ton. Umumnya akan digunakan oleh pelanggan dengan kebutuhan seperti pengangkutan pesanan bahan baku ke pemasok barang.

Truk ini biasa dikenal dengan sebutan engkel. Banyak juga yang menggunakan jenis ini untuk mengangkut sampah. Jadi ukurannya memang kecil sehingga dinilai lebih fleksibel dalam mengangkut barang meskipun kapasitas bebannya hanya cukup sedikit.

2. Sewa Truk Tronton

Tentu Anda sudah tidak asing dengan jenis truk satu ini. Tronton dianggap sebagai kendaraan pengangkut beban berat yang paling besar. Pasalnya kapasitasnya mampu menampung sampai 10 ton dalam satu kali pengiriman. Sayangnya perlu dipertimbangkan jika jarak tempuhnya cukup jauh.

Kebanyakan penyewa yang memilih jenis truk tronton ini akan menggunakannya untuk mengirimkan barang ke pusat pengangkutan seperti bandara. Terutama jika jasa ekspedisi dalam mengangkut paket-paket dari pelanggannya ke berbagai jenis tujuan di luar pulau.

3. Sewa Truk Trailer

Nyatanya masih ada jenis truk yang memiliki kapasitas beban lebih besar daripada tronton. Trailer ini mampu mengangkut barang sampai 20 ton atau bahkan 60 ton untuk sekali pengangkutan. Kemampuan ini menjadikan banyak penyewa akhirnya menggunakannya mengirim kendaraan berat.

Trailer pun masih dibagi lagi menjadi beberapa jenis lagi sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Mulai dari box, bak, flat track, flat bed, low bed dan lainnya. Ukurannya juga sangat besar sehingga tidak jarang akan memenuhi separuh jalan sendiri sehingga kurang fleksibel untuk masuk ke gang.

4. Sewa Pick Up

Lain halnya dengan jenis pick up yang dikenal sebagai truk dengan kapasitas paling kecil. Kegunaannya pun beragam mulai dari mengangkut bahan baku ke pemasok, pesanan catering hingga hewan ternak sekalipun. Tipe satu ini juga dianggap menjadi kendaraan paling sering digunakan.

Pick up hanya mampu mengangkut barang dengan berat maksimal 1,5 ton saja. Jenisnya pun juga dibagi lagi menjadi beberapa tipe mulai dari bo, gran max hingga pick up box. Kebanyakan pelanggan menggunakannya untuk mengangkut bahan-bahan segar dari pasar atau perabotan rumah.

5. Sewa Wingbox

Truk jenis wing box memiliki kelebihan sendiri karena sisi belakang dan samping dapat dibuka. Desain seperti ini akan memudahkan proses pada saat memindahkan barang untuk masuk ke dalam angkutan atau bongkar muat setelah sampai di tujuan. Hal ini membuatnya sebagai kendaraan fleksibel.

Menariknya lagi, kendaraan jenis wingbox satu ini memiliki beberapa variasi lagi terutama dalam kapasitas angkutannya. Pelanggan tidak harus mengangkut barang dalam jumlah berat terlebih dahulu karena truk ini dapat digunakan oleh berbagai macam angkutan baik sedikit dan ringan atau banyak.

6. Sewa Container

Container merupakan peti kemas untuk menyimpan barang yang memiliki ukuran besar. Penyewa bisa menggunakan kendaraan ini sebagai pengangkut fleksibel karena bisa dibawa dan dikirim sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Jarak tempuhnya pun tidak harus dekat begitu pun angkutannya.

Container ini tidak memiliki roda atau mesin. Jadi Anda hanya bisa menggunakannya apabila sudah mempunyai kendaraan lain untuk mengangkutnya. Ukurannya beragam dengan bahan yang bervariasi juga sehingga penyewa dapat menyesuaikan berdasarkan jumlah angkutan.

7. Sewa Truk Colt Diesel Double

Truk ini hampir memiliki kemiripan bentuk dengan jenis fuso. Beban maksimalnya hanya mampu menampung sampai 4 ton saja. Banyak orang juga seringkali menyebutnya sebagai truk canter. Kapasitasnya memang cukup sedikit jika dibandingkan lainnya namun jumlah muatannya dinilai banyak

Tenaga dari jenis truk colt diesel double ini dinilai sangat kuat. Tidak heran jika banyak penyewa yang memilih kendaraan ini terutama jika harus mengangkut barang dengan jarak tempuh cukup jauh. Terutama harus melewati jalanan menanjak dan angkutan relatif banyak.

8. Sewa Truk Fuso

Truk fuso ini memang hampir memiliki kemiripan dengan jenis sebelumnya yaitu truk colt diesel double. Kapasitasnya justru lebih besar sehingga dinilai fleksibel untuk mengangkut berbagai jenis barang. Kemampuan ini juga menjadi alasan kenapa banyak perusahaan akan menggunakan kendaraan ini.

Anda bisa mengenalinya dengan kendaraan truk yang memiliki kepala warna kuning. Hal ini menjadi salah satu ciri khas dimana memang sering diwarnai cat ini dalam penjualannya. Banyak penyewa menganggapnya bahwa memiliki kekuatan pada berbagai sektor mulai dari tenaga dan kapasitas.

Kegunaan Truk

Kendaraan berupa truk ini tentu dianggap banyak orang akan digunakan untuk mengangkut barang dalam jumlah berat dan tidak sedikit. Pengangkutan ini umumnya dilakukan oleh perusahaan yang perlu material, bahan baku atau lainnya namun berasal dari luar daerah. Apa saja kegunaannya?

1. Mengangkut Material Bangunan

Tentu Anda sudah sering melihat truk yang berlalu lalang di tempat proyek untuk membawa material bangunan dari produsen. Fungsi satu ini memang kerap kali ditujukan pada kendaraan berat satu ini karena mampu mengangkut barang dalam jumlah banyak sekalipun medan jalanan cukup ekstrim.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika penyewa truk menggunakannya untuk mengangkut material bangunan. Misalnya jika membawa batuan, maka dasar bak harus diberi alas papan kayu agar menghindarkan dari kerusakan. Selanjutnya bahan bersifat lengket maka memilih bak tidak bersudut.

2. Mengangkut Bahan Baku Segar

Fungsi satu ini banyak dijumpai pada pengusaha catering, rumah makan atau sejenisnya. Mereka yang mendapatkan bahan baku bukan dari pemasok akan berbelanja sendiri ke pasar. Kebanyakan akan menggunakan truk berukuran kecil seperti pick up karena mudah untuk dibersihkan setelahnya.

Ukurannya yang tidak terlalu besar juga menjadikan alasan kenapa bak dari pick up lebih dipilih untuk mengangkut bahan baku segar. Kebanyakan industri makanan seperti ini akan membersihkan secara rutin demi menghindarkan adanya kotoran tersisa setelah pengangkutan dan siap digunakan kembali.

3. Mengangkut Perabotan Rumah untuk Pindahan

Sementara jasa pindahan yang kini sudah banyak dijumpai juga sering memilih truk untuk mengangkut barang para pelanggan. Tentunya perabotan akan dipindahkan dalam jumlah tidak sedikit dan tentu jarak tempuh dari rumah lama ke alamat baru juga kebanyakan cukup jauh bahkan di luar kota.

Tidak hanya jasa pindahan, penyewa yang menyewanya sendiri tanpa menggunakan layanan ini juga kerap memilih kendaraan satu ini untuk mengangkut perabotan mereka. Kebutuhannya pun beragam sehingga harus disesuaikan dengan kapasitas bak truk masing-masing saat melakukan penyewaan.

Adapun lokasi (kota besar) yang bisa dijangkau adalah sebagai berikut :

KotaTitik Penjemputan
MalangMenyesuaikan
SidoarjoMenyesuaikan
SurabayaMenyesuaikan
JogjaMenyesuaikan
SoloMenyesuaikan
KlatenMenyesuaikan
SemarangMenyesuaikan
JakartaMenyesuaikan
BekasiMenyesuaikan
TangerangMenyesuaikan
BandungMenyesuaikan
BogorMenyesuaikan
DepokMenyesuaikan
CimahiMenyesuaikan

4. Mendistribusikan Kendaraan

Tentu Anda juga sering menjumpai truk besar yang mengangkut jenis kendaraan lebih kecil seperti sepeda motor atau mobil. Hal ini juga menjadi salah satu fungsinya dimana beberapa diantaranya memang memiliki kemampuan dengan kapasitas melebihi 50 ton bahkan 60 ton.

Banyak dari perusahaan otomotif akan memasarkan produk mereka dengan menggunakan truk besar ke distributor luar kota. Jarak tempuh yang cukup jauh tentu tidak memungkinkan jika hanya memilih kendaraan seadanya untuk mengangkut mobil dan sepeda motor dalam jumlah banyak.

5. Mengangkut Paket dari Jasa Ekspedisi

Setiap jasa ekspedisi juga menggunakan kendaraan berupa truk untuk mengangkut paket pelanggan. Mulai dari ukuran kecil sampai besar. Biasanya setiap pengantaran akan mengantarkan beberapa barang sekaligus dari kota satu ke daerah lainnya sehingga harus mengirim dalam jumlah banyak.

Tidak hanya mengantarkan jalur darat saja, jasa ekspedisi yang memberikan layanan untuk pengiriman via laut akan menggunakan truk saat mengantarkan paket ke pelabuhan. Nantinya barang dimasukkan ke dalam kontainer sebagai tempat penyimpanannya selama pengantaran ke lokasi tujuan. 

6. Mengangkut Sampah

Ada juga salah satu jenis truk yang berfungsi untuk mengangkut sampah. Biasanya akan menggunakan tipe fuso atau colt diesel double karena kapasitasnya tidak begitu banyak. Ukurannya juga cukup fleksibel sehingga mampu masuk ke dalam gang-gang sesuai dengan fungsi tersebut.

Kegunaan truk untuk mengangkut sampah ini biasanya akan menggunakan truk yang memiliki kapasitas sebesar 4 ton. Biasanya Anda menjumpai jenis kendaraan seperti ini dengan bak berwarna kuning sebagai salah satu ciri khasnya daripada lainnya.

7. Mengangkut Campuran Beton Cor

Salah satu jenis truk yang sering dijumpai di tempat proyek pembangunan adalah truk molen atau mixer. Fungsinya untuk mengangkut campuran beton cor. Di dalam baknya memiliki beberapa silinder tegak dimana alat ini akan berputar paa porosnya selama perjalanan sebagai pengaduk materia.

Proses selama pengadukan ini akan membuat beton menjadi lebih rata sehingga hasilnya akan mudah untuk diaplikasikan. Tahapan mengaduk ini berlangsung ketika perjalanan sampai ke tujuan bangunan khususnya di tempat pengecoran. Alat angkut ini juga biasa disebut dengan mesin ready mix.

Kriteria Truk yang Bagus

Bagi Anda yang akan menyewa truk, maka pastikan jika kualitasnya masih bagus terutama jika tahun pembeliannya sudah melebihi 3 tahun pemakaian. Hal ini perlu diketahui oleh para pelanggan sebelum menyewanya demi kenyamanan penggunaan selama penyewaan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Suara Mesin Truk Masih Halus

Alangkah lebih baik jika Anda memang mengemudikannya sendiri, maka cobalah untuk melakukan test drive. Satu hal yang harus diperhatikan yaitu mengenai suara mesinnya masih terdengar halus atau tidak. Indikator ini menandakan bahwa adanya gesekan logam di dalam mesin sebagai pengganggu.

Anda hanya perlu menyalakan mesin dengan cara menghidupkannya dalam waktu singkat saja. Misalnya 5 menit lalu coba amati apakah suaranya masih terdengar halus atau tidak. Hal ini menandakan jika keadaan beberapa komponen tersebut memiliki banyak kotoran.

2. Tidak Ada Bahan Bakar yang Bocor

Selanjutnya Anda perlu mengecek apakah terdapat bahan bakar yang bocor atau tidak. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai pertanda mengenai kriteria sebuah truk masih bagus. Umumnya kebocoran ini umum terjadi pada komponen oli.

Oli yang mengalami kebocoran tentu menjadi pertanda bahwa mesin tersebut sedang mengalami masalah. Anda bisa saja mengeceknya dengan cara melihatnya langsung atau bertanya pada karyawan sewa truk. Perusahaan profesional pasti akan sangat terbuka jika pelanggan menanyakan.

3. Bagian Ujung Knalpot dalam Keadaan Bersih

Kriteria selanjutnya dapat Anda ketahui melalui bagian ujung knalpot yang masih dalam keadaan bersih. Hal ini dapat dilihat secara fisik dan langsung sehingga cukup mudah untuk dilakukan tanpa harus menyalakan mesin terlebih dahulu.

Knalpot yang bersih menandakan bahwa proses pembakaran terjadi dengan lancar dan stabil begitu pun sebaliknya. Jika komponen ini terlihat kotor, maka menunjukkan jika mesin bekerja secara kurang sempurna sehingga bisa diindikasikan jika sedang mengalami gangguan pada komponen di dalamnya.

4. Perpindahan pada Gigi Berlangsung Secara Cepat

Perpindahan pada gigi ini bisa Anda cek dengan menyalakan mesin terlebih dahulu dan menjajal truk beberapa meter saja. Cobalah untuk mengeceknya jika memang menyewa tanpa harus menggunakan sopir dari perusahaan sewa. Pasalnya jika mengendarainya sendiri tentu wajib memastikan kriterianya.

Perpindahan gigi yang tersendat-sendat menandakan bahwa mesin truk sedang mengalami masalah. Jangan sampai Anda menyewa kendaraan dengan keadaan seperti ini karena hanya akan membuat perjalanan menjadi terganggu. Pastikan jika proses ini terjadi secara lancar dan cepat.

5. Truk Mampu Menanjak dengan Baik

Tahap selanjutnya Anda bisa menjajal truk untuk dipakai di jalanan menanjak. Biasanya hal ini memang cukup sulit dilakukan terutama jika tidak diizinkan kepada perusahaan jasa sewa truk. Namun jika mereka memang mengizinkan test drive, maka menjadi indikasi bahwa layanan memang profesional.

Tentu saja Anda perlu mencobanya di jalan yang menanjak. Umumnya medan jalanan seperti ini cukup sulit dijumpai di kawasan perkotaan. Jadi pastikan untuk mendapat izin dari perusahaan jasa sewa truk sebelum melakukannya.

6. Kerangka dan Penyambung Truk Masih dalam Keadaan Terjaga

Anda bisa mengecek kerangka dan penyambung truk ini secara langsung tanpa harus menyalakan mesin terlebih dahulu. Keadaan ini menjadi indikasi apakah kendaraan sering melaju di jalanan berlumpur, banjir atau sebaliknya. Perjalanan seperti ini nyatanya juga berpengaruh pada performanya.

Anda bisa mengecek pada sela-sela pintu apakah terdapat kotoran yang aneh atau tidak, biasanya hal seperti ini dapat dikarenakan truk sering menerobos jalanan banjir. Mengecek kerangka dalam truk harus dipastikan apakah sudah terdapat cacat karena mesin las, jika ada maka tanyakan pada petugas.

7. Setir dan Kopling Mudah untuk Digunakan

Tanpa harus menyalakan mesin terlebih dahulu, Anda pun bisa mengetes penggunaan setir dan kopling masih mudah untuk digunakan atau tidak. Bagian ini menjadi komponen utama saat sedang menjalankan truk sehingga sangat terasa mengganggu apabila terasa kurang lancar ketika digunakan.

Anda hanya perlu memutar setir ke kanan dan kiri saja guna mengontrol cara kerja dari power stering-nya apakah masih terasa normal atau tidak. Pastikan juga jika rem dan gas tetap berfungsi secara sepenuhnya. Kedua komponen ini juga penting saat digunakan selama berkendara dengan truk.

8. Interior dalam Keadaan Nyaman

Terakhir, Anda bisa mengecek bagian dalamnya. Lingkungan interior memang tidak akan berpengaruh dengan kualitas mesinnya namun berkaitan langsung ketika sedang dalam perjalanan. Terutama jika jarak tempuhnya memang sangat jauh sehingga kenyamanan sudah seharusnya diperhatikan.

Misalnya, Anda bisa mengecek onderdill yang ada pada truk masih dalam keadaan normal dan layak digunakan. Seperti karet-karet di sela kaca, tempat duduk dan komponen lainnya di bagian interior. Hal seperti ini juga menjadi pertanda masa pemakaian kendaraan ini sudah lama atau tergolong baru.

Kapasitas dan Spesifikasi Bak Truk

Bak truk akan tersedia dengan beragam ukuran. Hal ini menyebabkan kebutuhan para pengguna juga kian bervariasi sehingga dapat dipenuhi secara optimal. Misalnya untuk mengangkut barang dalam jumlah sedikit dan banyak tentunya juga berbeda penggunaan jenis kendaraanya. Berikut ulasannya:

1. Bak 5 Ton

Berat maksimal sebesar 5 ton ini biasanya dimiliki oleh jenis truk CDD box maupun bak. Perbedaan antara keduanya hanya berada pada ada atau tidaknya penutup dari wadah penempatan angkutan barang. Hal ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan, apakah sensitif dengan air hujan atau tidak.

Bak dengan kapasitas maksimal 5 ton ini umumnya memiliki berat kosong sebesar 2 sampai 2,5 ton tergantung pada jenis bahan yang digunakan. Ukuran karoserinya pun juga beragam, biasanya mempunyai tinggi 450 cm, lebar 200 cm, tinggi 200 cm serta dimensi 24 CBM sebagai tempat angkutan.

2. Bak 6 Ton

Kapasitas berat yang lebih tinggi lagi ini umumnya dimiliki oleh jenis truk berupa CDD long box dan CDD bak long. CDD sendiri merupakan singkatan dari Colt Diesel Double dimana tipe kendaraan angkut ini memang sudah sering digunakan oleh banyak penyewa dalam berbagai jenis kebutuhan.

Bak dengan kapasitas maksimal 6 ton umumnya memiliki ukuran karoseri sebesar panjang 550 cm, lebar 220 cm, tinggi 220 cm dan juga dimensi 43 CBM. Baik berupa box maupun terbuka, fungsinya pun akan disesuaikan berdasarkan kebutuhan pengguna terutama memperhatikan jenis barangnya.

3. Bak 14 Ton

Kapasitas bak maksimal sebesar 14 ton ini umumnya dimiliki oleh jenis truk berupa CDD bak air galon. Biasanya akan digunakan secara khusus untuk mengangkutnya dari daerah asal ke lokasi tujuan. Pasalnya wadah pengangkutan memang sudah dirancang dengan beberapa rak untuk mempermudah.

Berat kosong dari bak truk CDD air gallon ini hanya sekitar 4 ton saja sehingga akan lebih banyak dalam mengangkut barangnya. Sementara ukuran karoserinya berkisar antara panjang 760 cm, lebar 230 cm, tinggi 250 cm dan juga dimensi 43 CBM.

4. Bak 8 Ton

Kapasitas maksimal sebesar 8 ton umum dimiliki oleh truk berjenis fuso. Dimensi dari baknya sendiri berkisar antara panjang 570 cm, lebar 230 cm dan tinggi 220 m. Ketiga ukuran tersebut menunjukkan jika karoserinya memang berukuran memanjang sehingga mampu menampung lebih banyak barang.

Truk fuso dengan kapasitas bak maksimal 8 ton dinilai cukup ringan dan berbeda daripada lainnya. Baik berupa box maupun terbuka, memiliki dimensi yang hampir sama. Jadi bagi Anda yang ingin pindahan untuk mengangkut berbagai perabotan, maka bisa memilih jenis ini karena dinilai fleksibel.

5. Bak 15 Ton

Kapasitas bak yang maksimal dimiliki sampai melebihi 10 ton umumnya memang digunakan untuk mengangkut barang dalam jumlah banyak sekaligus pada satu kali perjalanan tanpa harus kembali demi efisiensi waktu. Beban maksimum 15 ton ini umum dimiliki oleh truk berjenis tronton.

Dimensi ukurannya berkisar antara panjang 960 cm, lebar 240 cm dan juga tinggi 240 cm. Anda pun bisa menilai bawah bak dari truk tronton memang sangat memanjang ke belakang sehingga jangan heran jika sangat memakan bodi jalanan pada saat menemuinya di jalan raya.

6. Bak < 1 Ton

Lain halnya dengan kapasitas bak maksimal yang hanya berkisar kurang dari 1 ton. Umumnya hanya dimiliki oleh kendaraan angkutan berjenis small box, pick up atau van. Ketiganya memang seringkali digunakan untuk mengangkut barang-barang dalam jumlah sedikit dan jarak tempuh lumayan dekat.

Ketiga jenis kendaraan angkutan tersebut umumnya digunakan untuk mengangkut bahan baku segar pada rumah makan, hewan ternak atau barang lainnya dalam jarak dekat. Biasanya juga disewa secara harian atau mingguan karena tidak begitu diperlukan lebih lama sampai satu atau dua bulan.

Merk Truk yang Sering Digunakan di Perusahaan Sewa

Perusahaan sewa truk tentunya memiliki beragam pilihan bagi masing-masing pelanggannya. Ini artinya Anda bisa memilihnya sesuai selera dan kebutuhan tanpa melupakan kesesuaian akan kualitasnya. Umumnya layanan penyewaan pasti menyediakan beberapa merk terkenal seperti ini:

1. Mitsubishi

Merk otomotif ternama ini sudah memproduksi banyak tipe truk yang sukses di pasaran. Ada berbagai macam jenisnya mulai dari Fuso Turbo Intercooler, Tractor Head hingga Colt Diesel. Ketiganya sering dijumpai di beberapa perusahaan sewa sehingga Anda dapat memilih salah satu di antaranya.

Ketiga jenis truk tersebut dianggap memiliki performa yang handal lantaran dibekali dengan sistem kemudi berupa power steering. Tujuannya agar kendaraan besar ini lebih mudah untuk dikendalikan. Salah satu teknologi terkenal dari Mitsubishi yaitu adanya new line up dan terobosan Big Bang.

2. Nissan UD

Tidak kalah terkenalnya, Nissan UD juga nyatanya memiliki nilai positif di mata penggunanya. Pasanya tipe truk satu ini sudah banyak digunakan di pasar otomotif Indonesia baik dibeli secara langsung atau sekedar menyewanya. Kendaraan besar dengan merk ini dikenal memiliki performa baik dan tangguh.

Tidak hanya unggul dalam performa, fitur-fiturnya juga sangat canggih dan berteknologi kekinian serta modern. Terutama bagi tipe Quester dimana sudah dilengkapi oleh fuel coaching system real time dimana teknologi ini mampu memandu pengemudi dengan mengendarai secara lebih ekonomi.

3. Hino

Hino sendiri dinilai sebagai merk truk yang sudah memimpin pasar kendaraan angkut di tipe medium duty. Menariknya hal ini berlangsung selama 15 tahun lamanya sehingga Anda bisa menjadikan fakta tersebut sebagai bahan pertimbangan ketika merasa kebingungan pada saat hendak menyewanya.

Hino sendiri setidaknya memiliki tujuh model truk yang paling baru. Merk besar ini pun meluncurkan produk sesuai dengan layanan servis dan kebutuhan guna memberikan keuntungan maksimal bagi semua penggunanya.

4. Isuzu

Sementara merk besar dari Isuzu ini meluncurkan truk yang tampil berisi dan berotot sehingga dianggap memiliki kapasitas angkutan lebih fleksibel dan beragam dalam sekali angkut perjalanan. Perusahaan ini telah dimaksudkan untuk memberi fitur terbaik bagi semua jajaran line up produknya.

Isuzu nyatanya telah berhasil menempati booth di GIIAS 2015 dengan luas sekitar 1196 meter sehingga menandakan bahwa kendaraan dari perusahaan besar ini memang tangguh dan berisi. Anda bisa saja memutuskan untuk memilih truk dari merk ini saat hendak menyewanya.

5. Faw

Perusahaan Faw memperkenalkan dua varian truk yang keduanya menjadi amunisi baru di Indonesia. Khususnya setelah pabrikan ini dinilai memiliki prospek bagus untuk kedepannya terutama di kalangan pengguna tanah air. Terutama jika kendaraan angkut ini dipilih pada sektor pertanian dan konstruksi.

Beberapa varian truk yang berasal dari merk Faw ini memiliki total berat trailer mencapai 49 ton. Anda bisa saja memilih jenis kendaraan ini apabila memang ingin menggantikan posisi dari kelas medium duty seperti Fuso. Kebanyakan dari penggunanya cenderung menggunakannya untuk bahan material.

6. Toyota

Truk dengan merk Toyota memang sudah banyak digemari di Indonesia sehingga Anda pun bisa menjadikan fakta ini sebagai bahan pertimbangan ketika bingung memilihnya. Ada banyak cabang dari pabrikan ini di seluruh tanah air dimana hal ini menunjukkan bahwa popularitasnya telah tinggi.

Awal masa keluarnya, pabrikan Toyota justru menggunakan truk berjenis Cab Over Engine atau COE. Penggemarnya pun juga sudah banyak dimana seiring berjalannya waktu perusahaan ini akan memproduksi sesuai dengan kebutuhan pengguna baik untuk perkebunan, pertanian hingga bangunan

7. Scania

Bagi kebanyakan orang memang sudah mengetahui merk satu ini, namun tidak sedikit juga belum mengenalinya. Pasalnya Scania berasal dari Eropa bukan Asia sehingga cukup jarang penggunanya meski memiliki performa menjanjikan bagi segala sektor.

Truk dengan merk Scania memiliki fitur canggih dan performa mesin yang handal untuk menemani penggunaan dalam jangka panjang. Harganya memang cukup tinggi sehingga tidak heran jika tarif sewanya ikut menyesuaikan. Jenis ini hanya dijumpai di beberapa jasa sewa saja karena relatif mahal.

Jangka Waktu Pemesanan Sewa Truk

Tidak hanya memperhatikan kebutuhan angkutan saja, Anda pun harus menyesuaikan dengan berapa lama sebenarnya waktu dibutuhkan saat hendak menyewanya. Waktu pemesanan ini tentu akan berpengaruh dengan besaran tarif total yang nantinya dibayarkan kepada perusahaan jasa sewa.

1. Harian

Penyewaan truk yang paling singkat bisa Anda sewa selama satu hari atau beberapa hari. Umumnya kebutuhan seperti ini juga tidak akan mengangkut barang dalam waktu lama karena tidak bergantung pada durasi sebuah proyek, misalnya harus menunggu proyek pembangunan selesai terlebih dahulu.

Penyewaan truk secara harian dapat disewa oleh perusahaan jasa pindahan, pengangkutan hewan ternak atau kendaraan lainnya. Orang yang sedang ingin mengangkut barang dari rumah lama ke tempat tinggal baru tentu hanya memerlukan waktu beberapa hari saja tanpa harus satu minggu.

2. Mingguan

Bagi Anda yang memerlukan penggunaan truk ini lebih lama, maka bisa menggunakan sewa selama mingguan. Umumnya tarif per minggu dengan lima atau enam hari akan terhitung relatif terjangkau. Jadi pastikan untuk mengetahui seberapa lama sebenarnya kebutuhan pemakaian agar efisien.

Sewa truk selama mingguan ini umum disewa oleh pihak yang sedang berhubungan dengan proyek pembangunan. Tentunya proses seperti ini akan berjalan lama terutama untuk mengangkut material seperti pasir, beton atau semen. Pastinya diperlukan kendaraan pengangkut dalam jumlah besar.

3. Bulanan

Waktu sewa paling lama biasanya hanya sekitar bulanan. Anda bisa menyewanya dengan rentang durasi pemakaian ini jika memang memerlukannya lebih lama. Biasanya diperlukan untuk mengangkut barang yang masih berhubungan akan suatu proyek pembangunan atau produksi suatu produk.

Misalnya ketika pabrik yang baru saja berdiri belum bisa memiliki truk sebagai kendaraan pengangkut namun sudah diharuskan untuk melakukan produksi dalam jumlah banyak. Tentunya mereka akan menyewanya secara bulanan karena memang memerlukannya lebih lama daripada mingguan saja.

Tips Mengangkut Barang ke Truk dan Bongkar Muat

Mengingat bahwa truk memiliki kapasitas bak masing-masing, Anda sudah seharusnya mengetahui bagaimana cara mengangkut barang agar mencukupi dan rapi. Tips ini akan memudahkan pada saat bongkar muat setelah sampai di tujuan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Memasukkan Barang yang Berat Terlebih Dahulu

Anda perlu memasukkan barang yang berat terlebih dahulu ke bak paling ujung. Hal ini menjadikan cara penataan menjadi lebih efisien dan sesuai agar mencukupi menurut kapasitasnya masing-masing. Tips satu ini juga akan memudahkan pada saat mengeluarkannya dari angkutan ringan dulu.

Misalnya ketika hendak mengangkut peralatan untuk pindahan, maka lebih baik memasukkan barang berat seperti lemari, meja belajar, sofa atau kulkas terlebih dahulu. Selanjutnya baru mengangkut misalnya karpet, box-box berisikan peralatan rumah dan lainnya yang beratnya cenderung ringan.

2. Memberikan Proteksi Tambahan

Setiap barang yang sudah berhasil diangkut, pastikan agar tidak memiliki sisa ruang di antaranya. Adanya selalu seperti ini akan membuat setiap perabotan atau material tersebut rentan mengalami pergeseran selama perjalanan sehingga meningkatkan risiko timbulnya gesekan dengan lainnya.

Anda bisa mengganjal dengan menggunakan bantal atau benda empuk lainnya demi mengisi sisa ruang yang ada. Alangkah lebih baik jika memilih box bersudut karena tidak menimbulkan sela di antara barang-barang tersebut dan meminimalkan terjadinya kerusakan selama perjalanan sampai tujuan.

3. Memasukkan Barang yang Berdimensi Besar

Tidak hanya mendahulukan barang yang memiliki bobot lebih berat, Anda juga perlu memasukkan material atau perabotan dengan dimensi besar terlebih dahulu. Misalnya ketika pindahan ke rumah baru, maka masukkan kasur, almari atau sofa dahulu dengan menyudutkan ke sisi bak truk.

Cara seperti ini akan memberikan space lebih besar yang ada di bak truk. Pastikan jika semua barang dengan dimensi besar telah terangkut terlebih dahulu daripada perabotan kecil lainnya. Tips ini juga memudahkan pada saat bongkar muat.

4. Memasukkan Barang dengan Kardus Berikutnya

Setelah Anda selesai memasukkan perabotan atau material lain dengan ukuran dan bobot yang lebih besar, maka selanjutnya dapat dilanjut menaikkan box barang. Aturlah posisi penumpukan berdasarkan beratnya agar tidak saling tertindih dan menyebabkan kerusakan satu sama lain. Pastikan Anda meletakkan kardus paling ringan di posisi atas agar tidak tertindih dengan yang lain. Ukuran terkecil pun harus diletakkan dengan cara serupa. Jangan lupa untuk memasukkan barang ke box sesuai kebutuhannya dan memberi label demi meminimalkan adanya barang saling tertukar.

5. Memaksimalkan Sisa Ruangan yang Ada

Tentunya setelah Anda memasukkan barang dan perabotan ke dalam bak truk, tidak semua sisi akan digunakan. Keadaan seperti ini pasti meningkatkan resiko kerusakan dari angkutan yang sudah berada di atas karena masih memiliki sisa space sehingga kemungkinan bergeser dan berbenturan juga tinggi.

Anda bisa memaksimalkan sisa ruangan ini dengan menggunakan barang lebih kecil lainnya. Pastikan jika angkutan seperti ini tidak memiliki sudut yang lancip karena mampu merusak satu sama lain sehingga perlu diperhatikan lagi bagaimana cara mengepaknya agar tetap aman.

6. Menurunkan Angkutan yang Mudah Pecah Dahulu

Sementara untuk bongkar muatan, Anda seharusnya menurunkan barang yang mudah pecah terlebih dahulu seperti guci kaca, piring, gelas dan perabotan dapur lainnya jika menggunakannya saat mengangkut pindahan rumah baru. Hal ini akan menghindarkan dari resiko pecahnya benda tersebut.

Barang yang mudah rusak dan gampang pecah memang sudah seharusnya diletakkan di posisi paling atas sehingga tidak saling tertindih dengan material lebih berat lainnya. Tips lain juga bisa Anda lakukan dengan meletakkan satu baris untuk barang dengan tingkat kerusakan serupa.

7. Menurunkan Barang yang Lebih Ringan Terlebih Dahulu

Selanjutnya setelah barang yang mudah pecah diturunkan dengan aman, Anda bisa melanjutkan dengan menurunkan peralatan dengan bobot lebih ringan. Cara ini akan memudahkan pada saat memindahkan perabotan berat berikutnya.

Tentu sangat merepotkan apabila Anda harus menurunkan kasur dan lemari yang berukuran besar namun masih ada banyak barang berukuran kecil lainnya di atas bak truk. Jadi pastikan untuk menurunkannya terlebih dahulu.

8. Membuka Box per Box

Menurunkan semua angkutan dari atas truk memang melelahkan namun Anda bisa melanjutkannya dengan membuka box per box. Selanjutnya baru keluarkan barang yang ada di dalamnya untuk menata kembali.

Biasanya cara pengepakan yang erat dan kuat memang cukup sulit untuk dibuka. Anda perlu membukanya bahkan dengan menggunakan bantuan alat lain seperti gunting agar lebih mudah. Berikutnya barang-barang dari dalam kardus atau box dapat lebih mudah dipindahkan.

Tips Sewa Truk

Menyewa truk tentu tidak hanya memilikinya secara sembarangan dan asal-asalan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat sebelum penyewaan dilakukan. Hal ini demi memastikan bahwa Anda memang mendapatkan kendaraan angkutan berkualitas dan memuaskan selama penggunaan.

1. Melihat Profil Masing-Masing Perusahaan

Pastikan untuk Anda melihat profil setiap perusahaan jasa sewa truk ini sebelumnya. Hal ini biasanya dapat dilakukan dengan cara mengunjungi situs web mereka dimana sering memberi informasi terkait layanan yang diberikan. Sebagai calon pelanggan, cek kembali apakah terlihat profesional atau tidak.

Anda bisa melihatnya melalui jenis perusahaan yang mereka dirikan baik berupa PT atau CV. Keduanya dapat menjadi pertanda untuk mengetahui terkait legalitasnya. Tentu hal ini sangat berguna demi keamanan selama penyewaan dan perlu diragukan apabila mereka memang belum memilikinya.

2. Mengecek Kontak Telepon dan Alamat

Setiap situs perusahaan jasa sewa truk tentu akan menyediakan informasi yang berisikan kontak telp dan alamat masing-masing. Pertama, Anda perlu menghubunginya secara langsung apakah dapat terhubung atau tidak. Beberapa penyedia penyewaan memang sering belum memperbarui nomor HP.

Selanjutnya Anda bisa mengecek ada atau tidaknya alamat yang tertera pada aplikasi Google Maps sebelum mengunjunginya secara langsung. Hal ini perlu dilakukan demi memastikan apakah informasi tersebut benar-benar valid. Jika memang terbukti, maka datangilah kantor tersebut untuk memilih truk.

3. Menawarkan Fitur Pelacakan

Tidak semua perusahaan jasa sewa truk akan menyediakan fitur ini. Pasalnya beberapa dari mereka memang masih belum mengenal teknologi seperti ini demi memudahkan pelanggan. Adanya tawaran ini, akan membuat Anda lebih mudah pada saat ingin melacak posisi truk yang sedang disewa.

Fitur pelacakan yang baik bisa Anda lihat dari ketersediaan melacaknya apakah dapat dilacak kapanpun dan dimanapun. Tentu hal ini sangat berpengaruh ketika sedang menyewanya. Menjadi hal merepotkan apabila tidak mengetahui posisi terkini dari truk saat berada dalam perjalanan.

4. Menyediakan Beberapa Fitur Canggih

Perusahaan jasa sewa truk yang menyediakan fitur canggih ini tentu akan memudahkan Anda pada saat memilih layanan mereka. Misalnya ketika ingin memesan, penyedia penyewaan memang sudah menawarkan cara pemesanan melalui aplikasi atau situs web sehingga dapat dilakukan secara online.

Contoh lain ketika Anda tidak perlu bertanya dan berkunjung langsung ke kantor cabang mereka hanya untuk bertanya mengenai harga. Perusahaan jasa sewa truk yang profesional akan secara sekaligus menyertakan estimasi tarif penyewaan berdasarkan lama penggunaan dan jenis kendaraan digunakan.

5. Memastikan Harga sudah Sesuai dengan Tipe Truk dan Jarak Tempuh

Penting untuk Anda memastikan jika harga yang disepakati memang sudah umum dengan di pasaran. Jasa sewa truk profesional tentu akan menawarkan tarif berdasar tipe truk, jarak tempuh atau penggunaan layanan lainnya. Tidak ada salahnya apabila membandingkan dengan perusahaan lain.

Bisa saja beberapa perusahaan memang menawarkan harga sewa berbeda namun memberi layanan tidak serupa. Misalnya ada tidaknya jasa pengepakan barang atau adanya asuransi selama pengiriman dilakukan. Jadi Anda harus lebih teliti dan jeli untuk mengecek mengenai tarif total penyewaan.

6. Memastikan Truk dalam Keadaan Baik

Satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu mengenai performanya. Sudah menjadi keharusan ketika Anda perlu mengecek mengenai keadan truk sebelum menggunakannya. Pastikan jika kondisi masih layak untuk digunakan sehingga terasa aman dan nyaman selama penggunaan nantinya.

Anda bisa mengeceknya terutama dari bagian mesinnya karena sangat berpengaruh dengan masa penggunaan selanjutnya. Berikutnya cek mengenai kondisi interiornya apakah masih nyaman dan layak digunakan atau tidak. Hal ini berkaitan pada kenyamanan saat menggunakannya nanti.

7. Menentukan Kapasitas Truk sesuai dengan Kebutuhan

Memilih jenis truk yang akan digunakan tentu tidak boleh secara sembarangan. Anda perlu tahu terlebih dahulu berapa banyak sebenarnya angkutan barang diperlukan. Nantinya disesuaikan dengan kapasitas bak dari kendaraan angkut tersebut. Harapannya agar penyewaan bisa efisien dan efektif.

Anda perlu melakukan hal ini terutama jika perusahaan jasa sewa truk memang menyediakan banyak pilihannya. Tujuannya agar tidak bingung saat memilihnya dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Pastikan jika semua angkutan berhasil dibawa dalam satu kali perjalanan tanpa harus kembali lagi.

8. Menggunakan Asuransi Barang dan Surat Jalan

Tidak ada salahnya jika Anda memang mengutamakan keamanan dari barang yang sedang diangkut. Hal ini tentu akan memerlukan tambahan proteksi berupa asuransi. Biasanya beberapa perusahaan sewa truk sudah menyediakannya. Umumnya diperlukan untuk angkutan berupa barang pecah belah.

Fasilitas selanjutnya yang biasanya diberikan dari jasa sewa truk adalah adanya surat jalan. Dokumen ini penting terutama jika Anda menggunakan layanan sekaligus berupa sopirnya. Tujuannya agar memastikan bahwa barang sudah sampai ke lokasi tujuan secara aman dan terjamin.

Demikian ulasan lengkap tentang jasa sewa truk yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan. Perhatikan banyak hal sebelum menyewanya karena akan berpengaruh pada kenyamanan selama pemakaian nantinya. Cek kembali terutama keadaan mesin dan bagian interior sebelumnya.